Labels

11 Oktober 2014

Tutorial Membuat Ban Mobil High Poly di 3ds Max

Tutorial Membuat Ban Mobil di 3ds Max


Hallo semua, hari ini saya akan kasih sebuah tutorial untuk para calon desainer/animasi bagaimana cara membuat ban mobil dengan 3ds max. Anda pasti pernah melihat tutorial ban motor bukan ? tapi cara pembuatan ban mobil ini beda dengan ban motor dengan hanya sekedar "Lathe" karena ini agak lebih rumit & professional (bersifat Very High Poly Count). nih saya kasih tutorialnya !





Pertama buat dulu cylinder, terserah panjang dan radiusnya tapi yg terpenting adalah Height Segment adalah 5, Cap 1 dan Sides 48








Klik kanan lalu convert to editable poly. pilih polygon dan drag 2 sisi cylinder, klik insert untuk membuat cylinder bagian tengah dan klik lagi bridge untuk melobangi cylinder tsb.



Setelah selesai klik edge dalam ring roda tsb, klik kanan lalu connect sampai 4x




Setelah selesai buat lagi cylinder dengan Height segment 3, Cap 1 dan Sides 16




Pas kan cylinder dengan 3 sides segment luar ban, pertama convert dulu ke editable poly (lihat gambar)




Setelah selesai klik kanan salah satu cylinder lalu klik attach dan gabungkan dengan cylinder lainnya.




Sekarang kita buat Pelk nya, klik polygon lalu klik antar dua cylinder lalu setting di Bridge (tanda kotak disebelah Bridge). klo mau diubah mode Pelk tinggal drag dulu cylinder yg ditengah menggunakan vertex lalu rotate

.Nah inilah yg sering dilewatkan oleh 3ds max amatir yaitu turbo smooth. Kegunaan turbo smooth adalah memperhalus model dengan tingkat yang sangat tinggi alias mulus banget + rapi. OK turbo smooth ada di modifier list. ubah iteration ke 3




untuk masalah Pelk yg ditengah klik edge dan tinggal mainin connect sampai terbentuk lingkaran Pelk seperti semula.



Matikan dulu turbo smooth. kita buang bagian sisi lainnya dengan polygon tapi hanya bagian 2 sides aja.





klik edge pada sisi roda lalu connect 4x





lalu ubah2 lah yg edge di connect sebelumnya untuk membentuk Pelk besi untuk roda nantinya dengan sumbu y.





Klik edge dibagian yg ingin lengkungan bagus dengan chamfer, setelah selesai liat aktifkan kembali turbo smooth untuk melihat seberapa halus lekungannya.




untuk memberi kesan ada kedalaman detail Pelk besinya, klik edge dan drag bagian dalam Pelk tengah (liat gambar dulu) lalu di scale. Aktifkan kembali turbo smooth untuk melihat hasilnya.

Kita sekarang ingin melepaskan Pelk besi dengan rodanya, klik polydon lalu drag yg seperti digambar. pilih detach dengan klik kanan lalu pilih detach to element untuk melepaskan Pelk.




klik edge pada roda bagian sisinya dan klik connect untuk membuat lengkungan pada sisi roda, geser ke arah sumbu y. Sesudah itu bagian tengah roda kita edge dulu lalu di rotate (lihat gambar)




Select dulu atas roda dengan polygon lalu klik bevel, pilih bevel by polygon. Jika di turbo smooth pasti akan seperti begini.




Untuk memberi kesan ukiran roda yg detail, di convert to edge dan langsung chamfer untuk membuat ukirannya.





Kita ke turbo smooth lagi dengan smooth result di check dan iteration tetap 3. lihat hasilnya !







setelah selesai kita di modifier list lalu pilih symmetry, klik lagi untuk menampilkan mirror (ikuti gambar disamping) dan disatukan tanpa adanya renggangan (lihat di wireframe dan zoom sampai menempel benar)

- SELESAI -














1 komentar: