Labels

25 November 2016

Asal-Usul dan Tutorial Membuat Roti Canai

Roti tak beragi, pernahkah anda mencicipi nya ? klo anda pernah ke rumah makan aceh yang menyediakan semacam Roti Maryam/Canai pasti sudah tak asing dengan roti ini. Tekstur yang lembut, mudah disobek dan rasa yang khas apalagi bila dicocol dengan kuah kari india, daging kambing ( Kebab ), dan saus kacang membuat rasa ketagihan bagi yang mencicipinya. Tahu kah anda ternyata ada perbedaan dalam tradisi membuat 2 roti tak beragi ? apa itu ? di  timur tengah ada dua jenis roti tak beragi, yaitu Matzo dan Khubz.
 
Roti Khubz

Roti Matzo

Roti Matzo adalah roti tak beragi yang digunakan untuk perayaan Hari raya Yahudi "Hari Raya Roti tak Beragi" dirayakan satu setelah hari raya Paskah Yahudi dan dirayakan seminggu, dirayakan dengan cara memakan roti tanpa lauk. Tujuannya adalah memperingati pembebasan bangsa Israel/Ibrani keluar dari perbudakan mesir. Nah kalau Roti Khubz adalah roti arab sama seperti Matzo dan penyebarannya melalui muslim ke afrika utara dan turki. Beda dengan Matzo yang dipanggang terbuka diatas semacam teflon, Roti Khubz dipanggang dengan memakai oven berbahan tanah liat bernama Tandoor/Tannur. Bentuknya menyerupai sebuah kendi besar, dipanggang dengan mencaplokan bahan adonan ke dinding bagian dalam tannur. Nah Roti khubz ini mempunyai kembarannya yaitu Roti Cane. Pembuatannya berasal dari Malaysia ( Lihat disini ) "orang india yang tinggal di malaysia" dan proses pemanggangnya memakai Butter atau Mentega. Mau tahu cara membuat Roti Canai yang gampang ini ? berikut resepnya

Roti Canai
Bahan :

- 350 gr Tepung terigu ( bisa memakai tepung low gluten )
- 1 sdm garam
- 150-200 cc air hangat
- 1 sdm margarin/butter ( kira-kira 100 gr saja )

Cara Membuat : 
1. Campuri tepung dengan garam, beri air hangat sedikit-sedikit, lalu mentega/butter cair lalu uleni hingga adonan kalis.
2. Bila sudah kalis dan semua bahan menyatu, bentuk adonan menyerupai bola, dan diamkan adonan sebentar selama 10 menit biar pendinginan.
3. Taburi papan dengan tepung dan taruh adonannya diatas papan, sambil diremas-remas lalu belah adonan menjadi beberapa bagian tergantung porsi.
4. Belahan adonan tadi dipipihkan seperti membuat martabak telur dengan roll penggilasan.
5. Siapkan teflon dengan api kecil/sedang, panaskan.
6. Ada 2 tipe dalam pemanggangan, pakai mentega cair atau panggang kering, terserah selera anda.
7. Selalu tekan kan adonan bila ada adonan mengembung. Panggang hingga kuning kecoklatan bila anda memakai mentega, coklat sedikit gosong bila tidak pakai mentega.
8. Bila sudah sajika selagi panas, bisa pakai cocolan gulai kambing, kari india, daging kebab, dll.


Bonus : Cara membuat Roti Matzo/Khubz
  
Bahan :
2 cangkir tepung
1/2 sendok teh garam
1/3 cangkir minyak zaitun



Cara membuat :

 
1. Campurkan tepung terigu, garam dan minyak zaitun menjadi satu. aduk adonan hingga merata dan menjadi tidak lengket atau kalis. ( anda dapat menambahkan 1/2 gelas air jika diperlukan ).

2. Ambil adonan dan bentuk menjadi bola-bola kecil, kemudian pipihkan ( agar hasilnya rata dan bagus anda bisa gunakan rolling pin atau cetakan roti ). Untuk Matzo/Khubz, adonan bisa diurapi sedikit minyak zaitun bila dipanggang di teflon biar ada tekstur lembut saat matang.

3. Panaskan teflon ( bila anda punya Tannur silahkan pakai ) selama 2-3 menit, lalu panggang ( karena proses pemanggangan berlangsung cepat, mohon anda tetap mengawasi roti yang anda panggang. setelah adonan mulai berubah warna segera dibalik dan masak beberapa saat pd sisi kedua ).
 
4. Sajikan selagi panas.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar