Labels

23 September 2017

Manfaat Ampas Teh untuk Wajah


Pernahkah Anda melihat di Internet betapa bagusnya ampas teh untuk perawatan wajah ? tanaman yang pernah menjadi minuman primadona negara Eropa ini memiliki segudang kaya manfaat baik untuk dalam dan luar tubuh. Kali ini penulis akan menjelaskan manfaat ampas teh untuk perawatan wajah.
Teh terdapat kandungan yang bagus untuk menangkal radikal bebas yakni antioksidan. Antioksidan menangkal semua racun dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui keringat, air kencing dan buang air besar. Sementara manfaat bagi luar tubuh, ampas teh bisa mencerahkan kulit, mengangkat segala kotoran dan kulit mati di dalam pori-pori, menutup pori-pori besar, dan menyerap minyak pada wajah.

Berikut kriteria yang baik untuk memilih ampas teh :

1. Ampas teh yang digunakan adalah ampas yang halus, seperti dalam kantung filter. Jangan menggunakan ampas teh tubruk yang terdapat batang-batang yang besar karena akan sakit jika di aplikasikan pijatan ke wajah.

2. Teh yang digunakan bisa semua jenis teh seperti teh hitam. Khasiat yang paling bagus adalah teh hijau dari jepang

3. Jika Anda terpaksa memilih teh tubruk, lebih baik di haluskan dalam blender dahulu.


Untuk pengaplikasiannya, berikut tahap-tahapnya :

1. keluarkan ampas teh dari kantung filter. Untuk pengguna teh tubruk lebih baik di haluskan dahulu.

2. Beri sedikit air untuk membasahi ampas teh, bisa menggunakan air panas atau biasa. Tidak disarankan menggunakan air dingin karena dapat menutupi pori-pori sehingga kotoran dan minyak di pori-pori tidak terangkat. Tujuan air panas berguna membuka pori-pori kulit, sementara air biasa bisa digunakan bagi pemilik wajah berpori-pori besar.

3. Usapkan ampas teh basah pada wajah sambil di pijat-pijat untuk mengangkat sel kulit mati dan merangsang terbukanya pori-pori wajah. Bisa menggunakan masker wajah untuk efisiensi.

4. Setelah itu diamkan selama 10-15 menit. Jangan mengerut dan menggarukan wajah anda selama proses gatal berlangsung karena ampas teh yang telah kering dapat jatuh.

5. Lalu bilas wajah dari ampas teh yang telah mengering dengan air.


Hasil yang didapatkan yakni :

1. Kulit wajah yang cerah dan mengkilap (bukan putih)

2. Wajah yang halus bebas minyak kotor selama 2-3 jam.

3. Wajah terasa kencang dan kenyal.

Hasil yang didapatkan jika penggunaan setiap minggunya (secara teori) :

1. Wajah akan awet muda

2. Minyak berlebih pada wajah akan berkurang

3. Masalah pori-pori besar pada wajah akan hilang

4. Masalah jerawat dan bekas jerawat akan sirna


Trivia : banyak di internet posting bahwa ampas teh dapat memutihkan kulit dalam arti putih seperti kulit orang oriental. Sesungguhnya perawatan ampas teh lebih ke mencerahkan dan membersihkan kulit dari sel kulit mati, sehingga kulit Anda agak lebih putih bersih





Tidak ada komentar:

Posting Komentar