Labels

24 November 2016

7 hari raya Yahudi yang diikuti Kristen Orthodox

Kalender Ibrani Perayaan Yahudi

Hari raya Yahudi, Pernahkah anda mengetahuinya ? Mungkin sebagian orang Indonesia tidak mengetahui bahkan tidak peduli, dikarenakan adanya kebencian atau masalah sosial yang terjadi di Timur tengah sana. Hari ini saya akan memberikan suatu pengetahuan anda bagi buat yang tidak tahu, khususnya bagi penganut Kristian. Memang asal muasal Kristian berasal dari bangsa Yahudi, karena Yesus adalah orang Yahudi meskipun memakai bahasa Arami [ (Aramaic - Assyrian) Bahasa Suriah kuno bagian timur, sehingga agak mengandung bahasa Persia ]
Peta daerah Assyrian kuno
Dalam Kristen banyak sekali tradisi - tradisi yang dijalankan, seperti tradisi daun palma, Perjamuan Kudus, natalitas, dll. Dalam konteks ini saya akan mengacu tradisi Yahudi yang kemudian diikuti oleh Kristian.

1. Hari Raya Sabat ( Sabath )

Semua agama Abramaik tentu memiliki hari raya Sabat, seperti Islam Hari sabat jatuh pada hari jumat ( Kalender Syawal ), Yahudi dan Orthodox jatuh pada hari sabtu dan minggu ( menganut kalender Ibrani dan Julian ), dan Kristen Katolik dan protestant jatuh pada hari minggu ( Kalender Gregorius ). Hari Sabat dalam Orthodox adalah hari perisiapan roh, jiwa dan tubuh untuk menyongsong Kristus pada hari minggu.
2.  Hari Paskah ( Pesakh )

Hari Paskah dalam Yahudi adalah mengenang peristiwa keluarnya bangsa kaum mereka ( Yahudi ) dari tanah mesir dengan menyembelih domba dan memercikan daranya di atas altar dan bermazmur ( tradisi ini tidak digunakan lagi seiring runtuhnya Bait Tuhan oleh Romawi tahum 70 M ). 

Perlengkapan untuk Paskah Yahudi jaman modern
Bagi kristiani, Paskah adalah mengenang dimana Kristus bangkit dari kematian, karena Yesus mati 3 hari sebelum hari Paskah Yahudi ( Jumat Agung ) dan bangkit 3 hari setelahnya ( Pas hari Paskah ).
3. Hari Roti tak Beragi ( Hag Hammmassot )

Bagi Yahudi, Hari Raya tak beragi jatuh sehari setelah Paskah dan berlangsung selama 1 minggu ( 7 hari ) sebagai peringatan untuk mereka yang tidak memiliki waktu untuk mengembangkan roti mereka dalam persiapan mereka meninggalkan Mesir. Cara memperingatinya dengan memakan roti tanpa ragi tanpa ada lauk lainnya ( 1 minggu hanya makan Roti tak Beragi, bentuknya seperti roti cane dari India ). 

Roti tak beragi
Bagi Kristen biasanya orang mengira ini adalah salah satu perjamuan kudus, padahal bukan. Tradisi ini dilakukan 7 hari setelah Paskah, dalam peringatan Kristus datang menemui Rasul Thomas yang tidak percaya akan kebangkitanNya. Tradisi ini tertuang dalam kitab 1Kor 5:7-8 tentang ragi lama ( sikap perilaku yang lama ).
4. Hari Pentakosta ( Shavuot )

Pentakosta bagi Yahudi adalah sebagai hari pesta panen gandum pada hari kelima puluh sejak hari Sabat pertama setelah paskah.. Sementara Kristiani adalah sebuah peringatan akan turunNya Roh-Roh Kudus berupa lidah api diatas kepala Sang Rasul di Yerusalem untuk mulainya memberitakan Kabar Baik ( Eungalion/Injil ) ke seluruh dunia.

5. Hari Peniupan Serunai/Sangkakala/Shofar ( Yom Teruah/Rosh Hashanah )

Bagi Yahudi, jaman perjanjian lama dalam peniupan sangkakala/Shofar adalah pemberitahuan perang, sementara jaman modern saat ini adalah sebagai hari raya Tahun Baru umat Yahudi. Tradisi ini dilakukan dengan meniupkan sangkakala secara massal oleh kaum Yahudi. Tradisi ini dilakukan setiap tanggal 1 dan 2 bulan Tishrei, bulan ke 7 dalam Kalender Yahudi ( Bulan ke-1 adalah Nisan ), mendahului hari raya Yom Kippur yang diperingati tanggal 10 Tishrei. Biasanya dalam kalender Masehi, jatuh sekitar bulan September-Oktober.  
Hari Peniupan Sangkakala

Bagi Kristiani, Hari raya peniupan serunai sebagai bayangan dari pesta Tahun Baru Gereja perdana ( Lahirnya Gereja awal ). Dalam hari raya ini, Kristian diingatkan kembali tentang perilaku-perilaku kita pada tahun lalu dalam berkehidupan gereja dan komitmen kita kepada Yesus.

6. Hari Pendamaian ( Yom Kippur )

Bagi Yahudi, Hari raya ini jatuh pada 9 hari setelah peniupan serunai. Dilakukan dengan melakukan pertobatan dan mendamaikan diri dengan Tuhan, istilahnya "Confession Day" seperti berpuasa dan merenung dosa yang telah dilakukan.

Yom Kippur - masa merenungkan dosa dosa
Bagi Kristiani, sama halnya dengan yahudi, 9 hari setelah hari Tahun Baru Gereja, jatuh pada hari peringatan Yohanes Pembaptis, Sang Pembuka Jalan dan Sang Perintis kepada pertobatan dan pendamaian dengan Tuhan. Kristiani juga melakukan Yom kippur dalam ibadah biasa setiap hari.

7. Hari Pondok Daun ( Sukkot )

Hari raya ini dalam Yahudi adalah hari mengenang perjalanan Kaum mereka ( Yahudi ) di padang gurun, dimana Tuhan selalu menyertai mereka melalui Tabernakel yang mereka ke sukkot ( Pondok ) yang mereka bangun dalam perjalanan ( Dalam perjanjian lama ). Konsep dalam hari raya ini adalah hari berakhirnya musim panen. Di jaman modern, mereka bawa berupa 4 macam tanaman yaitu buah limau, Ranting pohon dedalu ( willow ), daun palem, dan cabang pohon myrtle, dibawa ke sinagoge untuk diberkati. Tujuan kedua dari hari raya ini adalah sebagai doa peminta hujan ala Yahudi setelah berterimakasih kepada Tuhan atas panen.
Seorang yahudi membawa 4 macam Tumbuhan untuk acara Sukkot
Bagi Kristiani, Hari Pondok daun merupakan bayangan dari Kelahiran Bunda Maria ( Theotokos ), karena Bunda Maria adalah Tabernakel Tuhan yang Kudus, dimana Tuhan turun ke dalam rahimnya dan menjelma dalam bentuk insani ( Daging ).

Sumber    : Wikipedia
Sumber 2 :  Monachoscorner

Tidak ada komentar:

Posting Komentar